Beberapa Fakta Menarik Makanan Khas Malaysia

Beberapa-Fakta-Menarik-Makanan-Khas-Malaysia

makananmalaysia – Indonesia dan Malaysia merupakan dua negara bertetangga yang masih dalam satu rumpun Melayu. Sehingga dari segi bahasa dan kulturnya masih ada kemiripan tak terkecuali cita rasa masakan yang memiliki karakter yang sama.

Tak perlu bingung lagi ketika ingin hunting kuliner di Malaysia karena lidah orang Indonesia kebanyakan cocok dengan makanan khas Malaysia yang terkenal enak dan lezat.

Anda akan menemukan beragam menu masakan yang memiliki cita rasa etnis Cina, Melayu, India, Thailand, hingga Arab. Hal ini mengingat penduduk di negara Malaysia berasal dari kelompok etnis yang beragam sehingga turut mempengaruhi cita rasa di setiap menu masakannya.

Bumbu rempah-rempahnya yang begitu terasa di lidah menjadi ciri khas lain dari menu-menu masakan di Malaysia. Negara ini juga memiliki makanan dan minuman khas yang wajib Anda cicipi ketika berlibur ke sini.

Menu Makanan Khas Malaysia dan Fakta Uniknya
Perihal kehalalan makanan di Malaysia tentu sudah tidak diragukan lagi mengingat mayoritas penduduk yang ada di Malaysia beragama Islam. Sehingga tidak akan kesulitan untuk mencari makanan halal yang pas dengan cita rasa dan lidah orang Indonesia.

Berikut ini beberapa rekomendasi makanan pokok Malaysia yang wajib Anda cicipi:

Nasi Lemak

Makanan khas Malaysia yang paling populer ini tentu sudah tidak asing lagi. Meskipun namanya nasi lemak, bukan berarti semua bahan dan lauk-pauk yang terdapat di dalamnya hanya mengandung lemak. Bahkan pada tahun 2016 lalu nasi lemak termasuk ke dalam 10 makanan tersehat internasional. Tentu hal ini cukup menimbulkan pertanyaan besar mengingat kandungan kalori pada nasi lemak bisa mencapai 800 – 1000 kalori hanya dengan lauk ayam goreng saja. Nasi lemak memang cukup menarik karena meskipun terkenal memiliki kalori yang tinggi, menu nasi lemak memiliki kandungan protein dan karbohidrat yang seimbang. Nasi lemak biasanya disajikan dengan lauk seperti telur rebus, rendang sapi goreng, ayam goreng, tumis kangkung, sambal sotong, dan sambal goreng teri kacang.

1 / 1 – nasi-lemak-khas-Malaysia

Cita rasa dari nasi ini mirip seperti nasi uduk, nasi gemuk khas Jambi, atau nasi campur yang terkenal gurih. Disebut nasi lemak karena proses memasaknya dengan merendam nasi beras daun pandan dalam santan lalu mengukusnya. Untuk menambah kelezatan pada rasanya, biasanya ditambahkan bumbu rempah seperti jahe, pandan, dan sereh.

Ayam Percik

Seperti namanya, ayam percik tentu merupakan menu makanan yang berbahan dasar ayam. Keistimewaan ayam percik ini terletak pada beragam jenis rempah yang ditaburi pada ayam tersebut. Di Malaysia sendiri ayam percik memiliki dua jenis yang berbeda yang dikategorikan berdasarkan tempatnya, yaitu Trengganu dan Kelantan. Ayam percik khas Kelantan memiliki ciri khas berupa saus dan bumbu campuran santan serta sejumlah rempah-rempah. Sedangkan ayam percik Trengganu menggunakan tambahan bumbu cabai untuk menambah cita rasa pedas. Menu makanan khas Malaysia yang satu ini cukup unik dilihat dari cara memasak dan mengolahnya. Untuk membuat ayam percik, ayam harus direndam ke dalam bumbu lalu dipanggang hingga sedikit hangus. Setelah itu, ayam yang sedang dipanggang tersebut dipercikkan bumbu tambahan sehingga disebut dengan nama ayam percik. Cita rasa yang terjaga dari dalam maupun luar ayam ini membuat ketagihan karena kelezatannya.

Asam Laksa Penang

ayam-laksa-penang

Salah satu makanan khas Malaysia yang mengkombinasikan masakan China dengan Melayu ini wajib Anda coba. Asam laksa Penang merupakan makanan khas yang berasal dari Penang yang berbahan dasar mie atau bihun dengan cita rasa pedas yang lezat. Mie atau bihun tersebut disiram dengan kuah kental asam pedas dan ditaburi topping selada, nanas, ikan makarel segar, mentimun, dan cabai. Cita rasa menu makanan ini sangat lezat dengan berbagai rasa pedas, segar, asam, manis, dan gurih menjadi satu. Agar lebih enak dinikmati, Anda harus mencicipinya ketika makanan ini masih dalam keadaan panas atau hangat.

Baca Juga : Makanan Sehari Hari Di Malaysia

Minuman Khas Malaysia yang Paling Populer

Menikmati makanan khas Malaysia tentu kurang lengkap rasanya jika tidak mencoba minuman khas Malaysia yang terkenal enak dan menarik.

Berikut ini beberapa minuman khas yang populer di Malaysia yang wajib Anda coba:

  • Air Mata Kucing

Mendengar namanya saja sudah menimbulkan pertanyaan besar apakah minuman ini benar-benar menggunakan air mata kucing. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena yang akan Anda temukan pada minuman khas Malaysia ini adalah campuran buah kelengkeng tanpa biji, buah Kundur, buah Lo Han Kuo, dan air.

Bahan-bahan tersebut direbus dan ditambahkan jeruk nipis lalu disajikan sesuai selera baik dalam keadaan panas maupun dingin. Penyebutan nama minuman menjadi air mata kucing ini terbilang unik, lantaran diambil dari buah lengkeng yang merupakan bahan utamanya.

Buah lengkeng lazim disebut sebagai buah mata kucing di Malaysia. Karena konon katanya selain dapat menyegarkan tenggorokan, air mata kucing juga memiliki khasiat bagus untuk tubuh. Seperti meredakan panas dalam, batuk, dan meningkatkan vitalitas tubuh.

  • Es Kepal Milo

es-kepal-milo

Tentu sudah tidak asing lagi dengan menu minuman yang satu ini mengingat es kepal milo sendiri sempat booming dan viral di Indonesia. Bedanya, es kepal milo Malaysia cenderung memiliki rasa yang lebih kuat dan otentik.

Proses pembuatannya pun tergolong mudah hanya dengan melarutkan milo lalu diberi es serut dan ditambahi topping seperti cokelat dan taburan lainnya. Rasa legit dan manis membuat minuman ini begitu terasa lumer di lidah ketika diminum.

Selain memiliki makanan dan minuman dengan cita rasa khas, oleh-oleh makanan khas Malaysia murah juga bisa Anda temukan di negara ini. Beberapa rekomendasi oleh-oleh yang bisa Anda beli seperti naraya oat choco, cokelat beryl’s, Penang white curry mie, dan lain sebagainya.

Selain berlibur ke tempat-tempat wisata menarik di Malaysia, mencicipi kuliner di negara ini juga akan memberikan pengalaman yang mengesankan.