Oleh Oleh Legit Khas Malaysia

Oleh Oleh Legit Khas Malaysia

makananmalaysia.com Beberapa artikel yang akan kami sajikan untuk anda kali ini ,bisa sangat membantu apabila anda ingin mencari informasi yang berikaitan mengenai Oleh Oleh Legit Khas Malaysia. Dan dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang membahas dan mengulas mengenai Oleh Oleh Legit Khas Malaysia

1. Penang White Curry Mee
Maksud hati ingin membawa kari khas Malaysia, tetapi teksturnya yang berkuah dan tidak bisa disimpan dalam waktu lama membuatmu harus mengurungkan niat tersebut. Namun, kamu tetap bisa membawa kari khas Malaysia dalam bentuk mie instan, lho.

Ya, Penang White Curry Mee adalah mie instan dengan cita rasa khas Malaysia. Sesuai dengan namanya, mie instan ini memiliki rasa white curry yang sedap seperti yang biasa dijual di Penang. Kuahnya sangat kental dan gurih sehingga kamu akan merasakan kelezatan yang mirip dengan white curry aslinya. Terlebih lagi, makanan yang satu ini praktis dan bisa dibawa dalam jumlah banyak.

2. Tau Sar Piah
Apabila kamu sudah pernah mencicipi bakpia atau pia, rasa Tau Sar Piah ini mirip banget dengan kue tersebut, lho. Bagian dalam kue Tau Sar Piah ini juga diisi dengan kacang hijau dan kacang merah, hampir sama dengan isian yang juga dipakai untuk bakpia.

Makanan khas Malaysia yang satu ini bisa dijadikan oleh-oleh karena berupa makanan kering yang bisa tahan hingga berhari-hari. Selain itu, kamu bisa menemukan kue ini dengan mudah di berbagai toko oleh-oleh maupun supermarket di Malaysia. Salah satu tempat terkenal yang menjual Tau Sar Piah adalah toko Ghee Hiang di Penang, Malaysia.

3. Kek Lapis Sarawak
Di Indonesia, kita mengenal makanan ini sebagai kue lapis. Namun di Malaysia, makanan ini dikenal dengan nama Kek Lapis Sarawak. Makanan khas negeri jiran ini biasa disuguhkan pada acara-acara tertentu, seperti Idul Fitri, Deepavali, perayaan ulang tahun, atau acara pernikahan. Akan tetapi, bukan berarti kamu tidak bisa membeli kue ini dengan mudah. Kek Lapis Sarawak tetap dijual meskipun tidak sedang Idul Fitri atau Deepavali.

Keistimewaan Kek Lapis Sarawak terletak pada motif di setiap layer-nya. Kue ini memiliki motif dan warna-warna unik yang semakin menggugah selera makan. Menariknya, Kek Lapis Sarawak ini juga tersedia dalam rasa original, stroberi, asam manis, jeruk, dan cokelat hazelnut.

4. Keropok Lekor
Ingin membawa buah tangan berupa makanan khas Malaysia? Keropok Lekor adalah pilihan yang tepat. Makanan yang satu ini bentuknya mirip pempek lenjer ketika belum digoreng. Setelah digoreng, teksturnya sedikit lebih renyah jika dibandingkan pempek.

Keropok Lekor terbuat dari olahan ikan, sagu, garam, dan gula. Aroma ikan dari makanan ini begitu kuat tetapi hal tersebut tidak mengurangi kelezatan makanan ini. Agar rasanya lebih nikmat, Keropok Lekor disantap bersama dengan saus khusus yang mirip dengan sambal khas Bangkok.

5. Kuih Kapit
Makanan khas Malaysia memang memiliki banyak kemiripan dengan hidangan khas nusantara, seperti Kuih Kapit ini. Kue kering yang satu ini hampir sama persis dengan Semprong. Adonan Kuih Kapit ini juga sama dengan adonan kue Semprong, yakni hanya tepung, gula, dan telur.

Baca juga : Restoran Khas Penang Di Surabaya

Yang membuat Kuih Kapit dan Semprong berbeda adalah bentuknya, Semprong biasanya berbentuk gulungan seperti rokok raksasa. Sementara itu, Kuih Kapit memiliki bentuk segitiga. Rasa kue kering khas Malaysia ini enak dan teksturnya renyah. Kamu bisa membeli Kuih Kapit ini untuk dijadikan oleh-oleh yang mudah dibawa pulang ke tanah air.

6. Dodol Malaysia
Keunikan Dodol Malaysia terletak pada rasanya. Dodol dari negeri jiran ini umumnya menggunakan rasa kelapa dan durian sehingga rasanya tetap berbeda dengan dodol yang biasa dijual di tanah air. Dodol Malaysia juga bisa bertahan hingga satu minggu sehingga kamu bisa membawa makanan ini sebagai buah tangan.

7. Roti Jala
Selanjutnya, ada makanan Malaysia yang bentuknya cukup unik, namanya Roti Jala. Dinamakan Roti Jala karena bentuk makanan ini seperti jala. Tekstur Roti Jala renyah dan rasanya pun mantap karena tidak terlalu asin atau terlalu manis.

Restoran Khas Penang Di Surabaya

Restoran Khas Penang Di Surabaya

makananmalaysia.com Beberapa artikel yang akan kami sajikan untuk anda kali ini ,bisa sangat membantu apabila anda ingin mencari informasi yang berikaitan mengenai Restoran Khas Penang Di Surabaya. Dan dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang membahas dan mengulas mengenai Restoran Khas Penang Di Surabaya

1. Popia
Popia termasuk jajaran appetizer. Menu ini terdiri dari udang, bengkuang dengan gula, dan selada sebagai isiannya, kemudian dibalut kulit leker hingga memberikan rasa menarik. Setelah itu, disiram dengan saus gula merah yang bikin selera makan langsung meningkat.

2. Lok-lok
Lok-lok dikenal sebagai makanan pembuka. Kalau di Malaysia, kamu bisa menemukannya di berbagai street food .Tampilannya seperti sate, tapi bukan daging dengan bumbu kacang yang digunakan. Ada baso ikan, baso daging, cumi-cumi, daging sapi, ayam, dan udang yang bisa kamu pilih. Cara memasaknya direbus dan dihidangkan dengan saus.

3. Nasi lemak
Untuk hidangan utamanya, nasi lemak menjadi salah satu menu favorit di sini. Nasi lemak dihidangkan bersama selada, timun, tomat, potongan acar, kacang, ayam, daging, dan telur.Nasi yang dibumbui dengan santan ini memiliki rasa autentik khas Penang. Rasanya jadi lebih gurih dan bikin ketagihan!

4. Rojak
Kalau di Indonesia namanya rujak, Penang punya rojak. Terdiri dari timun, bengkuang, nanas, dan buah-buah segar lainnya.Buah-buahan tersebut disiram bumbu pedas manis yang dibuat dari campuran gula merah dan cabai. Biasanya kalau di Indonesia, kacang dan bumbu diaduk menjadi satu. Lain halnya di Malaysia, setelah menyiram saus pedas manis, buah-buahan ditaburi kacang yang sudah dihaluskan.

Baca Juga : Restoran Melayu Oriental Malaysia Di Jakarta

5. Es cendol gula Melaka
Es cendol gula Melaka masuk dalam jajaran hidangan penutup yang menyegarkan. Terdiri dari cendol, santan, kacang merah, gula merah, dan sirup yang ditambahkan serutan es batu. Rasa manisnya pas, sesuai untuk menutup serangkaian hidangan makan malam kamu.Selain lima makanan di atas, kamu juga bisa menikmati pula laksa, kway tiao, dan mie wonton khas Penang. Tak hanya makanan khas Penang, ada beberapa makanan Nusantara lainnya yang disajikan.

Kamu bisa mendapatkan menu-menu tersebut dengan bujet Rp350 ribuan saat Minggu hingga Kamis, dan Rp365 ribu pada Jumat dan Sabtu. Kamu bisa datang setiap pukul 18.00-21.30 di Jamoo Restaurant, Shangri-La Surabaya.Tak hanya bisa menikmati hidangan yang nikmat, kamu juga berkesempatan memenangkan voucher undian menginap selama tiga hari dua malam di Shangri-La’s Rasa Sayang Resort dan Spa, Penang, untuk dua orang. Nah, itulah makanan-makanan khas Penang yang coba dihadirkan di Surabaya. Kamu mau mencicipi yang mana dulu nih?

Restoran Melayu Oriental Malaysia Di Jakarta

Restoran Melayu Oriental Malaysia Di Jakarta

makananmalaysia.com Beberapa artikel yang akan kami sajikan untuk anda kali ini ,bisa sangat membantu apabila anda ingin mencari informasi yang berikaitan mengenai Restoran Melayu Oriental Malaysia Di Jakarta. Dan dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang membahas dan mengulas mengenai Restoran Melayu Oriental Malaysia Di Jakarta

1. Mama Malaka
Mama Malaka yang punya belasan cabang ini menyajikan berbagai menu peranakan. Kalau berencana makan siang di restoran Malaysia di Jakarta ini, cobalah Grilled Sotong. Dari fotonya saja sangat menggugah selera bukan? Kalau dicicipi ternyata rasanya memang enak. Kenyalnya sangat pas, bumbunya meresap, dijamin fresh, dan garingnya itu mantap sekali. Kalau mau ngemil saja, ada Roti Canai Curry yang sangat enak dan disajikan hangat karena baru dibuat saat ada pesanan.

Lokasi:
Mama Malaka
Grand Indonesia Mall, Lantai 3A, Sky Bridge, Jl. MH Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 23581061.

2. Tjap Toean
Restoran Malaysia di Jakarta ini surganya para pecinta masakan peranakan. Beda dari yang lain, semua menu yang ada di Tjap Toean ditulis dalam ejaan kuno yang terdengar unik. Dekornya juga tidak kalah menarik, banyak barang semi antik yang dipajang di sana. Semua menu sudah pasti pas dengan lidah Indonesia, mulai dari varian nasi, mie, roti, snack, gorengan, sampai es. Nasi Babah di sini sangat recommended. Penampilannya seperti Nasi Uduk yang disajikan dengan berbagai lauk, seperti ayam goreng, tempe orek, timun, sambal, dan kerupuk. Bedanya, warna nasi di menu ini berwarna ungu dan terasa pas sekali di mulut. Roti Ngai juga jadi menu favorit di sini. Menu ini berupa toast yang diatasnya ada lapisan keju super crispy yang kriuk kriuk saat digigit.

Lokasi:
Tjap Toean
fX Sudirman, Lantai F1, Jl. Jenderal Sudirman, Sudirman, Jakarta. Telp. (021) 25554158.

3. Malay Village
Dengan mendengar namanya saja, yang terlintas di pikiran kamu pasti berbagai makanan Malaysia dengan rasa autentik. Perkiraanmu memang tidak salah, hampir semua rasa makanan di restoran Malaysia di Jakarta ini mirip-mirip dengan yang di negeri asalnya. Kamu bisa menikmati sajian Butter Prawn yang empuk dan sangat wangi. Bumbu butter terutama daun karinya terasa sekali di lidah. Rasa Oyster Omelette di sini juga bikin kangen Malaysia. Porsi oysternya tidak pelit dan gurih banget saat disantap!

Lokasi:
Malay Village
Cilandak Town Square, Lantai 1, Jl. TB Simatupang, Cilandak, Jakarta. Telp. (021) 75920363.

4. Penang Bistro
Saat mampir ke Penang Bistro, Penang Mushroom Golden Egg Yolk jadi menu yang tidak boleh dilewatkan, apalagi kalau kamu sangat suka makanan apapun yang diolah dengan telur asin. Saat jamur enokki bertemu telur asin, rasa gurihnya tidak terbantahkan ketika masuk ke mulut. Tekstur crispynya bahkan bisa bikin kamu tidak berhenti mengunyah. Kalau lebih suka makanan berkuah yang hangat, maka Laksa Udon Singapore akan menjadi pilihan paling sempurna. Porsinya besar, udonnya kenyal, dan kuah laksanya sangat beraroma. Restoran Malaysia di Jakarta ini juga menyediakan makanan khas Singapore dan Thailand yang rasanya juara!

Lokasi:
Penang Bistro
Jl. Kebon Sirih No. 59, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 31906000.

5. Bong Kopitown
Di restoran unik di Jakarta yang satu ini, kamu bisa menyantap makanan dengan sensasi seperti sedang ada di dalam penjara. Interiornya didominasi dengan warna hitam dan dikelilingi dengan pagar besi khas penjara. Tidak hanya menjual konsep yang unik, banyak menu andalan yang wajib coba di Bong Kopitown. Salah satunya ada Nasi Tim yang penampilannya sederhana tapi cita rasanya sangat kaya. Disajikan dengan kuah dan sayuran, Nasi Tim di restoran Malaysia di Jakarta ini punya topping ayam yang melimpah ruah dan gurihnya itu sampai meresap ke setiap butir nasi pada menu ini. Ada pula Nasi Goreng Cabe Ijo yang mendapat predikat menu terfavorit di sini. Disajikan dengan potongan daging, emping, dan sayuran, kamu bisa menyantap Nasi Goreng ini di atas piring stainless khas alat makan di penjara.

Baca Juga : Menu Sarapan Favorit Malaysia

Lokasi:
Bong Kopitown
Citywalk Sudirman, Lantai Ground, Jl. KH Mas Mansyur. Telp. (021) 25558497.

6. Penang Paradise
Tidak ada yang tidak enak di Penang Paradise. Aneka masakan peranakan yang ada di restoran Malaysia di Jakarta ini sungguh tidak mengecewakan. Yang paling banyak dicari orang di Penang Bistro Kway Teow Penang Seafood. Tekstur kwetiau sangat lembut, topping seafoodnya pun fresh. Tidak ketinggalan, ada juga Nasi Hainam yang sangat wangi. Nasinya enak, tidak terlalu berminyak, dan kamu bisa memilih daging ayamnya, mau roasted atau steamed. Di bagian bawahnya ada rebusan toge dan dressing bawang yang bikin rasa ayamnya makin enak. Kuah kaldu ayamnya pun gurih, tapi terasa sangat ringan.

Lokasi:
Penang Paradise
Mall Taman Anggrek, Lantai 3, Jl. Tanjung Duren Timur 2, Tanjung Duren, Jakarta. Telp. (021) 5639391.

7. PappaRich
Meski restoran Malaysia di Jakarta ini baru buka tahun lalu, aneka makanannya berhasil mencuri perhatian penikmat masakan peranakan di Jakarta. Siap-siap ketagihan saat mencicipi Penang Asam Laksa di PappaRich. Rice noodles pada menu ini disajikan dengan kuah kaldu ikan yang beraroma tamarind. Sentuhan rasa segarnya membuat mulut ketagihan buat mencobanya lagi dan lagi. Roti Canai with Curry Chicken juga enak dan punya porsi yang besar. Chickennya sendiri sangat empuk dan juicy. Bumbu currynya autentik dan pastinya fresh karena menu ini made by order.

Lokasi:
PappaRich
Ruko The Metro, Blok 6 JA, Jl. Mandara Permai VII Blok G-8, Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Telp. 0813-1661-2877.

Menu Sarapan Favorit Malaysia

Menu Sarapan Favorit Malaysia

makananmalaysia.com Beberapa artikel yang akan kami sajikan untuk anda kali ini ,bisa sangat membantu apabila anda ingin mencari informasi yang berikaitan mengenai Menu Sarapan Favorit MalayBeberapa artikel yang akan kami sajikan untuk anda kali ini ,bisa sangat membantu apabila anda ingin mencari informasi yang berikaitan mengenai. Dan dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang membahas dan mengulas mengenai Menu Sarapan Favorit Malaysia

1. Nasi lemak
Nasi yang disajikan dengan beragam lauk ini akan membuatmu bertenaga. Dilengkapi dengan ikan teri, telur rebus, ayam, dan taburan bawang goreng bikin sarapan jadi lebih kaya rasa. Nasi lemak dimasak dengan cara dikukus dengan santan atau susu.

2. Dim sum
Kalau gak pengin makanan berat, kamu bisa memilih dim sum. Dimasak dengan cara dikukus, siomay yang biasanya berisi udang atau ikan ini dipercaya sehat untuk tubuh.Ada pun bahan membuat dim sum khas Malaysia antara lain daging ayam, kecap asin, dan beberapa sayuran, seperti wortel.

3. Roti canai
Sering dikatakan sebagai pancake goreng, roti canai memberikan rasa lain dalam gigitan pertamanya. Terlebih kalau kamu makan dengan tambahan telur di dalamnya, jadi makin enak. Umumnya, roti canai dinikmati dengan kari ikan atau sup dal.

4. Apam balik
Sekilas bentuknya mirip martabak manis khas Indonesia. Biasa diisi dengan cokelat, saus kacang, atau jagung manis. Apam balik terbuat dari tepung terigu, baking soda, ekstrak vanila, dan garam. Dinamakan apam balik karena dalam proses pembuatannya dilipat jadi dua.

5. You tiao
You tiao tidak hanya jadi kesukaan orang Malaysia, tapi juga Singapura dan Indonesia. Hanya saja, orang Indonesia seringkali menyebutnya sebagai cakwe. Menu sarapan Malaysia satu ini kerap dinikmati bersama secangkir kopi hangat, sesekali dicelupkan

Baca Juga : Restoran Wajib Dicoba Di Malaysia.

6. Puff kari
Rasa kari dipadukan dengan kentang buncis, wortel, ayam cincang, dan bawang bombay bakal bikin kamu ketagihan. Bentuknya mirip pastel, sehingga praktis untuk dijadikan menu sarapan.

7. Nasi kunyit
Berwarna kuning dengan tekstur nasi yang lengket akan membuatmu susah berhenti makan. Masakan ini lebih enak dipadukan dengan kari ayam.

Meski pada umumnya sering dijumpai saat ada acara besar, kamu bisa menemukan nasi kunyit sebagai menu sarapan di pasar-pasar lokal. Harganya pun murah meriah.

8. Tosai
Teksturnya keras mirip crepe. Di awal, kamu akan ragu bisa atau tidak menghabiskan makanan ini, tapi sebenarnya makanan ini tidak terlalu mengenyangkan. Sehingga, kamu bisa menghabiskan semuanya. Biasanya, tosai disajikan dengan yoghurt atau kari.

9. Kaya toast
Diisi dengan selai kelapa, sandwich panggang dengan rasa manis ini akan membuatmu makin semangat di pagi hari. Terkadang, selai kelapa diganti dengan selai srikaya sesuai selera. Kaya toast makin nikmat disantap dengan segelas teh tarik.

10. Chee cheong fun
Teksturnya mirip dim sum. Isiannya berupa udang, daging ayam, daun bawang, dan you tiau. Kalau gak suka ayam, kamu bisa menggantinya dengan daging lainnya. Taburan biji wijen dan kecap asin membuatnya terasa lebih sedap.

Itulah beberapa menu sarapan lokal orang Malaysia yang bisa jadi rekomendasimu juga. Dari sepuluh makanan di atas, mana yang paling kamu suka?

Restoran Wajib Dicoba Di Malaysia

Restoran Wajib Dicoba Di Malaysia

makananmalaysia.com Beberapa artikel yang akan kami sajikan untuk anda kali ini ,bisa sangat membantu apabila anda ingin mencari informasi yang berikaitan mengenai Restoran Wajib Di Coba Di Malaysia. Dan dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang membahas dan mengulas mengenai Restoran Wajib Dicoba Di Malaysia

1. Nasi Lemak di Village Park Restaurant, Petaling Jaya
Menu wajib kalau lagi main ke Malaysia! Hampir di setiap tempat makan ada menu ini. Nasinya mirip seperti nasi uduk di Indonesia, campuran nasi dan kelapa. Namun yang membedakannya adalah rempah yang digunakan. Nasi lemak punya rempah yang lebih simpel. Biasanya dicampur sereh, kayu manis, dan jahe.

Di Village Park ini nasi lemaknya cukup terkenal. Dari pagi jam 6:30 saat buka, pengunjung sudah ramai. Apalagi di akhir pekan, meja dan kursi bisa digelar ke ruko-ruko sebelah.

Nasi lemak disini harganya mulai dari 10 RM dengan ayam goreng. Cukup mahal, tapi memang kualitasnya sangat terjaga. Gurih nasinya pas, kulit ayamnya krispy, daging ayamnya lembut, sambal bilis-nya juga sedap! Pokonya tanpa kompromi deh. Gak heran kalau antriannya luar biasa!

Village Park Restaurant : 5, Jalan SS 21/37, Damansara Utama, 47400 Petaling Jaya, Selangor, Malaysia. Buka jam 6:30 – 19:30

2. Nasi Kandar Pelita, KLCC
Nasi kandar ini mirip seperti nasi padang, cuma versi India. Karinya lebih kuat dan kental khas masakan India. Aslinya nasi campur lauk pauk ini dari Penang yang teralkuturasi dengan budaya India.

Karinya luar biasa enak. Coba bilang ke pakcik yang ngambilin nasi kamu, “kuah campur”, kemudian jangan kaget dia akan mencampur semua jenis warna kari (nggak semua sih, tapi paling tidak 5 jenis kari).

Rasanya kayak melayang gaes. Kenikmatan nasi kari yang hqq banget pokoknya :))

Ayam gorengnya enak, sotongnya empuk, dan juga jangan lupa sayur okra atau mentimun biar gizi tetep seimbang yah!

Nasi Kandar Pelita : 149, Jalan Ampang, Kuala Lumpur, 50450 Kuala Lumpur, Federal Territory of Kuala Lumpur, Malaysia (Buka 24 jam)

3. Nasi Ayam Hainan Chee Meng, Bukit Bintang
Sekarang mari coba masakan Malaysia tapi ala chinnese. Ini Nasi ayam hainan di daerah bukit bintang yang wajib kamu coba. Perpaduan nasi yang dimasak dengan kaldu ayam, jahe, dan bawang ini memang aduhai. Belum lagi potongan ayam yang super juicy dan kulitnya sangat menggoda.

Saya tambah menu terong blacan karena tergoda meja sebelah saya. Rasanya yaampun itu terong mau lumer di mulut. Rasa terong yang bercampur sambal blacan yang asin asin udang bikin ngeces sampai sekarang lagi nulis pun :))

Nasi Ayam Hainan Chee Meng : 50, Bukit Bintang Street, Bukit Bintang, 55100 Kuala Lumpur, Federal Territory of Kuala Lumpur, Malaysia ( Buka 8:30 – 21:30

Baca Juga : Resep Makanan Malaysia Cocok Sama Lidah Indo

4. Banana Leaf Rice, Sri Nirwana Maju Restaurant, Bansar
Rasa-rasanya ini mirip seperti nasi kandar. Tapi pengalamannya cukup berbeda. Makannya dengan daun pisang. Mirip seperti liwetan sunda.

Setelah daun pisang digelar, mamang-mamang membawa ember dan akan menawarkan semua side dish seperti acar, terong cabe, sambal, dan kondimen lainnya. Kemudian pilih jenis nasi, ada nasi putih biasa dan nasi briyani. Kemudian pilih jenis kari. Tentu saja saya memilih, “Kari campur aja banggggg.”

Langsung banjir itu daun pisang :))

Untuk rasa mungkin seperti nasi kandar standard saja, tapi pengalamannya memang mengasyikan! Sri Nirwana Maju Restaurant : 43, Jalan Telawi 3, Bangsar Baru, 59100 Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia ( Buka jam 10.00 – 1.30)

5. Roti Prata, Canai, Martabak, Maggi Goreng, all mamak-style street food di Restoran Yusoof & Zakhir depan Central Market
Sarapan klasik di Malaysia. Roti Prata atau Canai isi telur dengan cocolan kuah kari, kemudian diakhiri dengan teh tarik yang bittersweet.

Untuk makan siang bisa coba Martabak. Bisa isi daging sapi atau kambing. Martabak disini isinya yang tebal, bukan kulit terigunya. Ada tiga jenis kari yang ada di Murtabak. Warna coklat tua yang paling pekat rasa karinya, warna merah yang agak manis, dan warna kuning yang paling gurih. Silakan dikombinasi sesuai selera.

Oh iya jangan lupa pesan Roti naan dan Ayam Tandoori disini. Juara abisss! Tapi Ayam Tandoori cuma diatas jam 12 siang ya!

Restoran Yusoof & Zakhir : Jalan Hang Kasturi, City Centre, 50000 Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia

6. Street food di Jalan Petaling
Ada beberapa jajanan disini yang bisa kamu coba. Kebanyakan di Petaling Street ini adalah chinesse food. Jangan lupa coba air mata kucing yang ada di tengah-tengah pesimpangan Petaling. Pas banget dengan cuaca KL yang super panas!

7. Night Street food Jalan Alor
Pemandangan jalan alor siang dan malam sungguh berbeda. Siang hari jalanan lengang, mobil masih melintas normal. Namun ketika matahari sudah turun, jalan ini berubah jadi tenda-tenda penjual kuliner yang tak ada habisnya di jelajahi!

Disini ada makanan yang semua saya sebut di nomor 1 sampai 6. Ada juga makanan kamboja, thailand, serta vietnam. Namun yang paling banyak adalah gerobak street food seperti dimsum, aneka sate, bbq, air mata kucing (seperti liang teh), dan tentu saja DURIAN musang king.

Resep Makanan Malaysia Cocok Sama Lidah Indo

Resep Makanan Malaysia Cocok Sama Lidah Indo

Beberapa artikel yang akan kami sajikan untuk anda kali ini ,bisa sangat membantu apabila anda ingin mencari informasi yang berikaitan mengenai Resep Makanan Malaysia Cocok Sama Lidah Indo. Dan dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang membahas dan mengulas mengenai Resep Makanan Malaysia Cocok Sama Lidah Indo

Malaysia merupakan salah satu negara tetangga yang terletak paling dekat dengan kepulauan NKRI. Sama seperti negara-negara lain pada umumnya, Malaysia juga punya kuliner khas yang beda dari yang lain.

Karena Indonesia dan Malaysia masih satu rumpun, pastilah terdapat kesamaan dalam berbagai aspek, salah satunya kuliner. Kalau kamu pengen cobain kuliner khas Malaysia, kamu bisa bikin sendiri di rumah.

Biar gak makin penasaran, yuk simak 5 resep kuliner khas Malaysia yang dijamin sesuai dengan lidah orang Indonesia.

1. Nasi Lemak

Bahan A:

  • Beras 2 cangkir
  • Daun pandan 1 helai
  • Santan kental 3 cangkir
  • Garam sesuai selera

Bahan B:

  • Cabai kering giling 2 sdm
  • Ikan teri 1 cangkir
  • Bawang merah 2 siung
  • Bawang putih 1 siung
  • sam Jawa 1 sdm
  • Bawang bombay 1/2 butir
  • Garam dan gula secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

Cara pembuatan:

  • Tanak beras yang telah dicuci bersih dengan santan, garam, dan daun pandan menggunakan rice cooker
  • Nasi kemudian dikukus lagi selama 5-7 menit
  • Setelah matang, aduk-aduk nasi agar tidak menggumpal
  • Panaskan minyak, setelah panas masukkan ikan teri dan goreng sampai
  • Kering. Tiriskan.
  • Tumis bawang merah dan bawang putih dengan sedikit minyak hingga harum.
  • asukkan cabai kering giling.
  • Tambahkan gula dan garam. Tes rasa untuk mendapatkan cita rasa yang pas
  • Tuangkan sedikit air lalu masak hingga mendidih. Setelah itu masukkan ikan
  • Beri yang telah digoreng serta asam jawa
  • Aduk hingga mendidih
  • SebagaiSebagai perlengkap, kamu bisa tambahkan ayam goreng, sambal,
  • Telur beserta lalapan

2. Nasi kandar
Bahan:

  • Daging sapi tanpa lemak 5 ons (potong-potong)
  • Bawang bombay 1 butir
  • Bawang putih 2 siung
  • Jahe 1 cm
  • Daun salam 10 lembar
  • Sereh 1 batang (memarkan)
  • Buah tomat 1 butir (belah menjadi 2 bagian)
  • Bubuk kari 1 sdm
  • Air 1 gelas
  • Minyak goreng
  • Daun pandan 3 helai
  • Gula dan garam secukupnya

Cara pembuatan:

  1. Ulek bawang bombay, bawang putih dan jahe. Tambahkan air dan kaldu
  2. Rebus campuran, tambahkan daun salam
  3. Masukkan bahan lain seperti daging, tomat dan serai
  4. Masak hingga daging menjadi empuk dan kuah meresap sempurna
  5. Tes rasa, tambahkan gula dan garam sesuai selera.
  6. Sajikan dengan nasi hangat3. Curry puff aka karipap

Bahan isian:

  • Daging sapi 1/2 kg
  • Bawang merah 8 siung
  • Bawang putih 7 siung
  • Ketumbar 1 sdm
  • erai 1 batang (memarkan)
  • Biji kemiri 25 gram
  • Kunyit 25 gram
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Cabe merah 50 gram
  • Daun salam 3 lembar
  • Santan kental 1/2 gelas

Bahan kulit A:

  • Tepung terigu protein rendah 250 gram
  • Tepung terigu protein tinggi 100 gram
  • Margarin 125 gram
  • Mentega putih 40 gram

Bahan kulit B:

  • Margarin 55 gram
  • Tepung terigu protein rendah 120 gram
  • Tepung terigu protein tinggi 120 gram
  • Air setengah gelas
  • Gula pasir 3 sdm
  • Perasan jeruk nipis 2 sdm

Cara pembuatan:

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan kemiri dengan blender atau ulekan.
  2. Tumis bumbu yang telah dihaluskan, beserta serai, daun jeruk, cabai, dan daun salam. Setelah itu masukkan santan daging, aduk rata. Sisihkan.
  3. Uleni bahan A hingga terbentuk adonan yang kalis
  4. Uleni bahan B hingga menjadi adonan yang kalis
  5. Ambil 1 sdm adonan B dan pipihkan
  6. Ambil3/4 sdm adonan A, masukkan ke dalam adonan B lalu bentuk bulat dan impan di dalam kulkas selama 25 menit
  7. Pipihkan adonan kulit setipis mungkin, lalu gulung dan olesi bagian ujungnya dengan air
  8. Potong adonan kulit setebal 1,5-2 cm. Pipihkan lalu isi dengan bahan isian berupa daging berbumbu yang telah dibuat sebelumnya. Lipat dan kunci bagian samping.
  9. Goreng dengan minyak hingga kecoklatan
    Siap dinikmati.

Baca Juga : Rekomendasi Makan Enak Di Penang Malaysia

4. Laksa Penang

Bahan utama:

·         Mie soun 1 bungkus
·         Dada ayam 150 gram (potong dadu)
·         Beberapa potong seafood sesuai selera
·         Susu UHT 250 mL
·         Santan bubuk 3 sdm
·         Perasan jeruk nipis 3 sdm
·         Air 1/2 L
·         Kaldu bubuk sesuai selera
·         Garam, merica, dan gula sesuai selera

Bahan bumbu laksa:

·         Cabe merah ukuran besar 4 buah
·         Bawang merah 5 siung
·         Bawangputih 3 siung
·         Lengkuas 2 cm Serai 1 batang
·         Udang kering 3 sdm
·         Kunyit 2 cm
·         Ketumbar 2 sdt
·         Jintan 1 sdt

Cara pembuatan:

1.       Haluska nsemua bahan bumbu laksa hingga lembut dan tercampur sempurna
2.       Tambahkan air dan potongan daging, masak selama 5 menit
3.       Tuang susu UHT, bubuk santan, dan daging seafood. Masak sampai mendidih lalu masukkan air perasaan jeruk nipis.
4.       Siapkan mie soun di atas piring lalu siram dengan bumbu yang telah dibuat tadi.
5.       Kamu bisa menambahkan pelengkap jika mau, seperti tauge atau irisan cabe segar.

5. Rujak pasembur

Bahan:

·         Udang berukuran sedang 250 gram
·         Air 150 mL
·         Cumi-Cumi 100 gram (potong-potong)
·         Tepung terigu segitiga biru 250 gram
·         Tepung beras 1 sdm
·         Mentimun 1 buah (kupas kulitnya)
·         Taoge 250 gram
·         Baking Powder 1/2 sdt
·         Biji wijen 5 sdm (sangrai)
·         Minyak untuk menggoreng
·         Tahu 3 buah
·         Kacang tanah 150 gram (goreng)

Bahan saus:

·         Cabai rawit 8 buah (haluskan)
·         Kecap manis 2 sdm
·         Tepung maizena 1 sdm (larutkan dengan air 4 sdm)
·         Bawang merah 8 butir (cincang)
·         Bawang putih 6 siung (cincang)
·         Garam secukupnya
·         Cuka 2 sdm
·         Gula pasir 5 sdm
·         Air secukupnya

Cara pembuatan:

1.       Campurkan tepung terigu, tepung beras, baking powder, dan garam. Tambahkan air secukupnya
2.       Masukkan udang ke dalam adonan terigu lalu goreng hingga matang
3.       Potong-potong udang yang telah digoreng setebal 1 cm. Sisihkan
4.       Tumis bawang merah dan putih dengan sedikit minyak sampai tercium aroma wangi.
5.       Masukkan cabai, air, cuka, dan garam. Lakukan tes rasa.
6.       Siapkan teflon bersih, masukkan gula dan panaskan dengan api kecil hingga menjadi karamel. Tambahkan kecap dan maizena, aduk hingga matang sempurna
7.       TaruhTaruh bahan lainnya seperti tauge, mentimun, dan tahu. Siram dengan saus pasembur. Beri taburan wijen dan kacang.
8.       Itu tadi beberapa kuliner khas Malaysia yang dijamin sesuai dengan selera orang Indonesia. Selamat mencoba!

Rekomendasi Makan Enak Di Penang Malaysia

Rekomendasi Makan Enak Di Penang Malaysia

makananmalaysia.com Beberapa artikel yang akan kami sajikan untuk anda kali ini ,bisa sangat membantu apabila anda ingin mencari informasi yang berikaitan mengenai Rekomendasi Makan Enak Di Penang Malaysia, Dan dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang membahas dan mengulas mengenai Rekomendasi Makan Enak Di Penang Malaysia

Terletak di Malaysia, Penang menjadi salah satu destinasi yang sering dikunjungi masyarakat Indonesia. Bukan cuma untuk liburan, Penang juga terkenal dengan kemajuan teknologi medisnya. Hal ini menyebabkan banyak orang berkunjung ke Penang untuk berobat maupun mengecek kesehatan mereka.

Gak cuma itu, Penang juga terkenal dengan kulinernya yang menggugah selera. Kalau mampir ke Penang, kamu harus menyempatkan waktu untuk mencicipi berbagai makanan setempat seperti beberapa di bawah ini.

1. Char kway teow
Char kway teow serupa dengan mi kwetiaw. Tekstur mienya lembut dan berbentuk pipih. Selain itu, char kway teow biasanya berisi potongan daging ayam, sayuran, serta beberapa ekor udang.

2. Rojak
Rojak merupakan makanan yang harus kamu coba saat liburan ke Penang. Di Indonesia, rojak sama halnya dengan rujak buah.Rojak asal Malaysia ini terdiri dari beberapa potong buah belimbing, mangga, nanas, dan mentimun. Bumbunya pun lebih pekat dan mengandung soy sauce untuk menambah cita rasa.

3. Pasembur
Beberapa tempat di Malaysia menganggap rojak dan pasembur merupakan satu macam makanan yang sama. Namun, rojak dan pasembur dianggap dua macam makanan berbeda di Penang.Rojak berisi potongan buah yang lebih banyak, sedangkan pasembur berisi beberapa potong sayuran, kentang, dan tahu goreng. Sausnya memiliki tekstur dan rasa yang berbeda. Ada yang sudah pernah coba keduanya?

4. Nasi kandar
Belum ke Penang kalau kamu gak cobain nasi kandar. Kamu akan menemukan kuliner ini dengan mudah, karena banyak rumah makan yang menjualnya.Nasi kandar sejatinya disajikan bersama aneka lauk pauk yang bisa kamu pilih sendiri. Misalnya dengan lauk ayam, udang, cumi, dan beberapa potong daging. Bumbunya terasa banget!

Baca Juga : Bubur Lambuk Makanan Favorit Buka Puasa Malaysia

5. Asam laksa
Kuliner mi ini tercipta dari perpaduan budaya China dan Melayu. Ada berbagai macam jenis laksa yang tersebar di berbagai daerah.Asam laksa merupakan salah satu jenis yang bisa kamu temukan dengan mudah di Penang. Kuah asam laksa memiliki rasa yang segar, tekstur mienya pun bulat dan tebal. Hati-hati ketagihan!

6. Es chendul
Sudah makan makanan berat? Kini saatnya beralih ke makanan penutup yang menyegarkan.Sekilas es chendul mirip dengan es cendol Indonesia. Beberapa isiannya antara lain kacang merah rebus, roti tawar, sirup gula Melaka, dan cendolnya sendiri.

7. Es kacang
Last but not least, kalau sudah coba es chendul, cobain juga es kacang khas Penang. Es satu ini terdiri dari kacang merah, cincau, jagung manis, agar-agar, serutan es batu yang disiram sirup dan susu kental manis. Hmm, bikin ngiler!

Bubur Lambuk Makanan Favorit Buka Puasa Malaysia

Bubur Lambuk Makanan Favorit Buka Puasa Malaysia

makanmalaysia.com Beberapa artikel yang akan kami sajikan untuk anda kali ini ,bisa sangat membantu apabila anda ingin mencari informasi yang berikaitan mengenai Bubur Lambuk Makanan Favori Buka Puasa Malaysia Dan dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang membahas dan mengulas mengenai Bubur Lambuk Makanan Favori Buka Puasa Malaysia

Nama bubur lambuk mungkin masih asing di telinga kita. Mulanya, bubur ini dulu dimasak oleh orang-orang kaya (mampu) untuk disedekahkan kepada orang-orang yang kurang mampu. Mereka beramai-ramai memasak bubur ini di halaman masjid kemudian dibagikan menjelang berbuka puasa dan dinikmati bersama-sama. Tradisi ini pun tetap bertahan sampai sekarang.

Sekilas bubur ini seperti bubur ayam yang dijual abang-abang gerobak dan sering kita makan ketika sarapan. Eits, jangan salah! Di balik penampilannya yang biasa saja, bubur ini memiliki rasa yang begitu lezat dan nendang karena bumbu dan rempah-rempah yang ada di dalamnya. Tak heran jika bubur ini selalu menjadi buruan warga Malaysia untuk berbuka puasa, khususnya di daerah Masjid Jamek, Kampung Baru, Kuala Lumpur.Penasaran bagaimana rasa bubur lambuk ini? Tak perlu jauh-jauh ke Kuala Lumpur, kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Yuk, simak resep di bawah ini!

1.Pertama-tama, siapkan bahan dan bumbu untuk membuat bubur lambuk

Bahan-bahan:

  • 1 mangkuk beras, bersihkan
  • 250 ml santan kental
  • 200 gram daging sapi cincang
  • 1 batang serai, memarkan
  • 4 sdm minyak goreng
  • 2 sdm penyedap rasa (optional)
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya

Bumbu halus:

  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 inci jahe

Rempah-rempah untuk menumis:

  • 1 inci kulit kayu manis
  • 3 biji bunga cengkeh
  • 3 biji bunga lawang (skip jika tidak ada)
  • 3 biji kapulaga

Rempah halus:

  • 2 sdt jintan putih
  • 2 sdt ketumbar
  • 3 sdt lada putih
  • 2 sdt lada hitam

Taburan:

  • Daun seledri, dicincang
  • Daun bawang, dicincang
  • Bawang goreng

Baca Juga : Makanan Penutup Dan Dessert Malaysia

2.Bahan dan bumbu siap, saatnya memasak!

Ikuti langkah-langkah memasaknya berikut ini:

  • Panaskan minyak goreng di dalam panci ukuran sedang
  • Tumis bumbu halus sampai harum
  • Masukkan semua rempah-rempah, aduk sampai minyak meresap
  • Masukkan daging sapi cincang, aduk sampai tercampur rata
  • Masukkan beras yang telah dibersihkan, serai, dan air sedikit demi sedikit kemudian aduk sampai mendidih
  • Setelah mendidih, masukkan santan kental dan aduk perlahan agar santan tercampur rata dan tidak pecah
  • Tambahkan penyedap rasa dan garam, aduk kembali
  • Masukkan sebagian daun seledri, daun bawang, dan bawang goreng, aduk rata
  • Bubur lambuk siap dihidangkan.

3.Cara penyajian
Siapkan mangkuk berukuran sedang. Ambil bubur lambuk yang telah matang dan masukkan ke dalam mangkuk tersebut. Taburkan daun seledri, daun bawang, dan bawang goreng yang masih tersisa. Bubur lambuk siap disantap bersama dengan teh hangat. Eh, tapi tunggu azan magrib dulu ya!

4.Beberapa tips yang perlu diperhatikan
Kamu dapat memberikan pelengkap tambahan, seperti wortel yang diiris kecil-kecil terlebih dahulu.Daging sapi dapat diganti dengan daging ayam.Jika ingin tambahan rasa yang lebih enak, kamu dapat menambahkan ebi atau udang sesuai selera.Nah, bubur lambukmu sudah siap deh. Selamat mencoba ya!

Makanan Penutup Dan Dessert Malaysia

makananmalaysia.com Beberapa artikel yang akan kami sajikan untuk anda kali ini ,bisa sangat membantu apabila anda ingin mencari informasi yang berikaitan mengenai Makanan Penutup Dan Dessert Malaysia Dan dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang membahas dan mengulas mengenai Makanan Penutup Dan Dessert Malaysia

1. Apam balik
Perjalananmu ke Malaysia gak akan afdol ketika belum mencicipi apam balik. Apam balik terbuat tepung, labu, dan telur yang terbuat dari adonan, lalu disajikan dengan beberapa varian rasa. Misalnya seperti cokelat, keju, dan kacang.

2. Keropok lekor
Kalau Indonesia punya pempek, maka Malaysia punya keropok lekor. Yups, kudapan ini berbahan dasar ikan yang telah dihaluskan dan dicampur dengan bumbu, serta tepung terigu yang digoreng di minyak panas. Lezat dimakan saat panas-panasnya dengan saus.

3. Roti John
Kalau kuliner satu ini adalah sadwitch lokalnya orang Malaysia nih. Porsinya cukup besar, sehingga bakal membuatmu kenyang tahan lama. Kamu sudah cobain, belum?

4. Popiah
Sekilas mirip lumpia khas Semarang, tapi ini namanya popiah. Beda dengan lumpia dalam negeri, popiah yang dibungkus kulit gandum ini berisi taoge, bawang goreng, lobak yang telah dihaluskan, tahu, dan telur. Makin lezat dinikmati dengan saus kacang.

5. Kuih kapit
Pecinta jajanan crunchy pasti akan jatuh hati dengan kuih kapit. Kue tradisional ini terbuat dari adonan tepung dan telur, kuih kapit jadi suguhan khas setiap acara resmi.

6. Papadum
Selain dipengaruhi kuliner khas Melayu, Malaysia juga kaya akan kuliner asal India. Salah satunya ada papadum yang telah diramu dengan citarasa lokal. Rasanya yang renyah cocok buat ngemil atau disajikan sebagai pendamping nasi kandar.

7. Roti jala
Dinamai roti jala karena bentuknya berupa jala. Roti satu ini bertekstur lembut dengan rasa yang gak begitu manis atau asin. Biasanya disuguhkan sebagai pendamping kari ayam atau dimakan dengan saus kacang.

8. Roti kaya
Melihat gambarnya, mungkin kamu akan berpikir biasa saja. Namun, roti panggang ini memiliki isi srikaya dengan rasa yang meledak di mulut. Cuma bisa kamu jumpai di Malaysia nih.

9. Ais kacang
Malaysia dikenal dengan kualitas kacang-kacangan yang bagus. Hal ini membuat banyak olahan makanan berbahan dasar kacang, salah satu yang wajib coba adalah ais kacang. Kolaborasi beberapa jenis kacang dengan es serut serta sirup. Mantap banget dinikmati setelah lelah menjelajah.

10. Cendol
Orang Indonesia pasti familiar dengan jajanan lezat satu ini. Yup, cendol! Olahan beras ini memang sangat populer di Asia, termasuk Malaysia. Meski memiliki kemiripan dengan cendol yang ada di Indonesia, tapi kamu harus tetap nyobain saat ke Negeri Jiran. Pasalnya, sentuhan cita rasa lokalnya tetap khas dan unik.

Baca Juga : Makanan Khas Malaysia Yang Wajib Dicoba

11. Es ABC
Hidangan penutup yang cukup populer di Malaysia ini pas banget buat dimakan saat panasnya siang hari. Es ABC memiliki kepanjangan ‘air batu campur’ yang terdiri dari es serut dengan bermacam rasa sirup. Biasanya es segar dilengkapi dengan berbagai toping seperti jagung, kacang merah, dan susu kental manis.

12. Sago Gula Melaka
Sago gula malaka merupakan olahan makanan yang terbuat dari sagu yang dicetak dan dibentuk dalam mangkuk. Teksturnya yang kenyal menjadi keunikan dan citarasa yang unik dari hidangan manis favorit banyak masyarakat Malaysia ini. Sagu kenyal nan legit biasa disajikan bersama campuran saus gula merah dan juga santan, perpaduan manis dan gurih yang akan melekat manis di lidah. Yumm!

13. Sea Coconut & White Fungus Sweet Soup
Meskipun terlihat seperti sup biasa yang memiliki rasa gurih, ternyata sup yang satu ini berbeda lho. Komposisinya bukan terdiri dari sayuran, melainkan buah kelengkeng, kurma, leci dan juga jamur. Sup manis ini biasa disajikan dalam kondisi hangat, cocok jadi pendamping saat hujan nih.

14. Bubur Cha Cha
Orang Malaysia gemar memakan olahan sagu, termasuk makanan yang satu ini. Bubur cha cha terbuat dari sagu yang dicampur dengan potongan ubi jalar dan berbagai isian lain seperti pisang, kacang, dan juga bubur mutiara. Kuah santan putih dengan rasa manis dari berbagai isian sukses melengkapi kegiatan nyemil hidangan manis di waktu senggang.

15. Tau Fu Fah
Makanan yang dibuat dari kembang tahu ini sangat terkenal di daerah Penang dan kerap disajikan bersama topping seperti kacang tanah, cincau, pasta kacang merah, atau bahkan choco chip untuk menambah rasa yang semakin lezat. Penyajiannya juga bisa dalam kondisi dingin ataupun hangat.

Makanan Khas Malaysia Yang Wajib Dicoba

Makanan Khas Malaysia Yang Wajib Dicoba

makananmalaysia.com Beberapa artikel yang akan kami sajikan untuk anda kali ini ,bisa sangat membantu apabila anda ingin mencari informasi yang berikaitan mengenai Makanan Khas Malaysia Yang Wajib Dicoba. Dan dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang membahas dan mengulas mengenai Makanan Khas Malaysia Yang Wajib Dicoba

1. Ayam Percik
Ayam percik adalah kuliner berbahan dasar ayam yang diolah dengan beragam jenis rempah. Di Malaysia terkenal dua jenis ayam percik yang dibedakan berdasarkan tempatnya, yakni ayam percik Kelantan dan Trengganu. Ayam percik kelantan berbeda dengan ayam percik trengganu. Jika ayam percik kelantan menggunakan saus dan bumbu dari campuran santan dan sejumlah rempah, beda dengan ayam percik trengganu yang dibuat dengan tambahan bumbu cabai sehingga rasanya lebih pedas dan menggugah selera.

Ayam percik merupakan makanan khas Malaysia yang bernama unik. Kuliner ayam satu ini diolah dengan cara merendam ayam ke dalam bumbu untuk kemudian dipanggang hingga sedikit hangus. Saat dipanggang ayam diberi bumbu tambahan dengan cara dipercik sehingga menjadikan makanan ini bernama ayam percik. Saat ayam sudah selesai dipanggang, sebelum disajikan ayam kembali dibalur dengan saus sehingga aroma dan cita rasanya tetap terjaga dari luar dan dalam ayam.

2. Ayam Pongteh
Ayam pongteh adalah kuliner peranakan yang bisa dijumpai di Malaysia dan Singapura. Olahan ayam pongteh berbeda dengan ayam percik yang notabene menjadi kuliner khas Malaysia. Ayam pada sajian ini tidak hanya dihidangkan sendirian, melainkan ditemani potongan kentang dan jamur shitake sehingga bahannya lebih komplit dan mengenyangkan.

Ayam pongteh mempunyai tampilan menyerupai semur ayam. Warna kuahnya cokelat kemerahan dan agak kental, sedangkan aromanya gurih menggugah selera. Sejatinya masakan pongteh menggunakan daging non-halal, tapi di Malaysia daging yang digunakan adalah daging ayam. Sajian khas negara Malaysia ini mempunyai cita rasa yang khas pada kuahnya karena penggunaan tauco yang dicampurkan saat dimasak. Ayam pongteh paling enak disantap bersama nasi putih.

3. Apam
Apam adalah kua tradisional yang banyak dijumpai bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di Malaysia. Kue apam terbuat dari adonan tepung gandum atau tepung beras. Proses memasak kue apam bisa dengan dipanggang maupun dikukus. Malaysia mempunyai tiga jenis kue apam, yakni apam berkuah, apam balik, dan apam manis. Setiap apam mempunyai ragam bentuk, rupa, dan rasa.

Apam berkuah biasanya menjadi kue tradisi yang terdapat di pantai timur Semenanjung Malaysia. Apam berkuah dimakan dengan merendam kue ke dalam kuah khas. Sementara apam balik atau apom balik mempunyai bentuk seperti martabak lipat yang berkulit tebal. Apam balik telah lama dijadikan menu makan pagi dan sore untuk bersantai. Yang terakhir adalah apam manis. Apam manis secara tampilan mirip dengan kue ape khas Betawi. Kue apam manis dari Malaysia terbuat dari tepung beras dengan campuran garam dan gula.

4. Bak Kut Teh
Tidak sedikit makanan khas Malaysia yang merupakan makanan peranakan Tionghoa, seperti bak kut teh yang juga bisa ditemui di Indonesia, seperti di Kepulauan Riau. Bak kut teh adalah makanan sejenis sup yang menghidangkan tulang iga babi yang diberi tambahan rempah-rempah untuk kuahnya. Bak kut teh mempunyai banyak versi, ada yang kuahnya bening, kuahnya asam, dan kuahnya gelap.

Menurut sebuah sumber, bak kut teh dahulu menjadi panganan para kuli kasar. Bahan yang diolah untuk membuat bak kut teh diambil dari sisa penjualan daging sehingga harganya terjangkau oleh kuli pelabuhan. Bak kut teh di Malaysia telah dimodifikasi dengan mengganti bahan dasarnya sehingga halal untuk kalangan Muslim. Bak kut teh biasanya dimakan bersama nasi putih, cakwe, dan teh tieguanyin.

5. Burger Bakar
Burger adalah makanan yang berasal dari negara-negara Eropa. Dikarenakan praktis dibuat dan terkesan modern, lantas burger tersebar cukup pesat hingga kawasan-kawasan luar Eropa, salah satunya Asia Tenggara, seperti Malaysia. Panganan yang rentan dimodifikasi ini pun kemudian diberi sentuhan oleh penduduk Malaysia sehingga menjadi makanan khas yang jarang ditemui di tempat-tempat lain.

Penduduk Malaysia mencoba peruntungan dengan membuat burger bakar untuk dikenalkan pada wisatawan asing. Burger bakar sama seperti burget biasa, namun ada sedikit perbedaan yang terletak pada dagingnya yang dibakar atau dipanggang –tidak dibakar di atas pan. Daging yang dibakar itulah yang menjadi daya tarik tersendiri karena mengeluarkan aroma yang istimewa. Di Malaysia ada banyak kedai burger bakar yang bisa dicoba, seperti Don, Hero, Minoz, Terengganu, BOSS, JB, Dahsyat, DeqWan, Rawang, dan Lava.

6. Cekodok
Cekodok adalah makanan khas Malaysia sejenis kue-kuean yang digoreng. Bisa dibilang kalau cekodok ini adalah gorengan khas Malaysia. Bedanya cekodok dengan gorengan yang biasa ditemukan di Indonesia adalah penggunaan bahannya. JIka gorengan biasanya minim gizi, berbeda dengan cekodok yang menggunakan bahan-bahan kaya gizi, seperti pisang, ikan, udang, labu, dan masih banyak lagi.

Setiap jenis kecodok mempunyai rasa dan tekstur yang berbeda. Tapi cara membuat cekodok umumnya sama, yakni bahan digiling yang kemudian dibuat adonan bersama bahan pengembang seperti baking powder. Cekodok umumnya berbentuk bulat-bulat tidak sempurna. Warna dari kue cekodok cokelat kehitaman akibat penggunaan gula untuk menambahkan rasa manis.

7. Char Kway Teow
Tidak jarang kita dapati makanan khas Malaysia yang mirip dengan kuliner-kuliner asal Indonesia. Selain apam, Malaysia juga punya makanan sejenis kwetiau yang bernama char kway teow. Kuliner satu ini adalah kwetiau goreng a la Malaysia yang juga dimiliki oleh Singapura. Kwetiau digoreng pada wajan bersama bahan pelengkap menyehatkan seperti telur, udang, kerang, daun kucai, sosis, bakso ikan, dan tauge.

Bumbu char kway teow juga tak jauh berbeda dengan kwetiau di Indonesia, semisal bawang putih, kecap manis, kecap ikan, dan sambal. Di beberapa daerah di Malaysia char kway teow bisa ditemui dengan tambahan daging kepiting. Meskipun makanan ini enak dan terbuat dari bahan-bahan penuh gizi, char kway teow tidak disarankan untuk dimakan sering-sering karena kandungan lemaknya yang tinggi.

8. Chee Cheong Fun
Keanekaragaman etnis dan ras menjadikan Malaysia menyimpan banyak warna dalam kitab kulinernya. Sebut saja chee cheong fun yang merupakan kuliner peranakan Tionghoa yang tepatnya berasal dari Kanton, Cina Selatan, termasuk Hongkong. Chee cheong fun biasanya dimakan sebagai camilan atau bersama makanan lain seperti dim sum.

Chee cheong fun juga sering disebut dengan mie usus babi. Meski mengandung kata babi pada namanya, makanan khas Malaysia ini sama sekali tidak menggunakan usus babi. Usus babi pada chee cheong fun hanya merujuk pada bentuk mie beras yang bulat menyerupai usus babi. Mie beras pada hidangan ini biasanya diisi dengan udang, daging sapi, sayuran, dan bahan lainnya. Untuk penyajiannya chee cheong fun dimakan bersama saus manis hitam yang disebut timzheong.

9. Cucur Udang
Cucur udang adalah camilan gurih orang Melayu yang lazimnya terbuat dari campuran tepung terigu yang dicampurkan dengan udang segar, irisan daun kucai, dan berbagai bumbu lain. Cucur udang mempunyai banyak bentuk, tergantung selera pembuatnya. Dari sekian banyak bentuk cucur udang, ada yang mirip seperti bakwan goreng yang dicacah.

Cucur udang cukup banyak dijual di sejumlah kota di Malaysia. Setiap tempat biasanya mempunyai ciri khas sendiri. Seperti di Gerai pakcik Malik ‘D’ Pokok yang berada di sekitaran Sungai Buloh, cucur udangnya mempunyai tekstur yang sangat lembut dan empuk. Cucur udang tersebut dimakan bersama saus kacang yang pedas. Perpaduan gurih udang dengan bumbu kacang pedas akan membuat mulut betah berlama-lama mengunyahnya.

10. Kek Lapis Sarawak
Sebagian besar dari penduduk Indonesia pasti tak asing dengan kue lapis, sebab di Indonesia kue tersebut memang mudah ditemui di toko-toko kue ataupun pasar-pasar tradisional. Nah, selain Indonesia, ternyata Malaysia juga punya kue lapis khas yang bernama kek lapis sarawak. Sesuai namanya, kue khas Malaysia ini merupakan kue lapis yang berasal dari Sarawak, Malaysia.

Kek lapis sarawak atau kek lapis moden sarawak adalah kue tradisional Malaysia yang sering dibuat sebagai sajian dalam perayaan keagamaan seperti Idul Fitri, Natal, dan Deepvali. Kek lapis sarawak juga tak jarang dipilih sebagai kue ulang tahun ataupun kue pada pesta-pesta pernikahan di Malaysia. Kek lapis sarawak tidak bisa dibuat oleh sembarang orang karena diperlukan kesabaran dan ketelatenan dalam proses pembuatannya maupun pewarnaan kuenya.

11. Keropok Lekor
Mie ayam adalah makanan yang sangat sering dijumpai di Indonesia. Peminatnya yang banyak menjadi alasan bagi sebagian orang untuk meraup rezeki dengan berdagang mie ayam. Fenomena tersebut ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia, melainkan juga di Malaysia di mana terdapat cukup banyak pedagang mie ayam a la Malaysia, namanya kolo mee.

Kolo mee adalah makanan khas Malaysia yang berasal dari daerah Kuching, Sarawak. Sajian mie ini berasal dari zaman kerajaan di Cina masa lalu. Ketika itu mie dihidangkan bersama daging babi. Saat banyak imigran asal Cina yang bermukim di Malaysia, kolo mee kemudian dibuat dengan daging sapi. Kolo mee menjadi salah satu makanan yang paling disukai dan mudah ditemukan. Tak peduli pagi, siang, atau malam, kolo mee bisa disantap kapan saja.

13. Manok Pansoh
Di Manado terdapat makanan khas bernama ayam buluh, yakni sajian ayam yang dimasak dalam buluh atau bambu. Makanan semacam ini ternyata juga bisa didapati di Malaysia, tepatnya di kawaasn Sarawak, namanya manok pansoh. Dahulu makanan khas Malaysia ini menajdi hidangan tradisional kaum Iban di Sarawak. Sama dengan ayam buluh, manok pansoh juga memanggang ayam di dalam seruas bambu bersama bumbu-bumbu penyedap.

Cara memasak manok pansoh juga sama seperti memasak lemang khas Medan. Sebelum memasukkan ayam ke dalam bambu, terlebih dahulu bagian dalam bambu dibersihkan. Setelah dibersihkan, bagian dalam bambu diberi lapisan dari daun pisang. Saat dibakar, permukaan bambu ditutup dengan daun ubi kayu untuk menahan uap panas agar tidak keluar. Cara memasak dalam pansoh ini tak hanya berlaku untuk ayam, tetapi bisa juga ikan atau bahkan daging babi.

14. Umai
Malaysia mempunyai kuliner khas yang biasanya dikenal sebagai ciri khas makanan Korea atau Jepang, yakni ikan mentah. Umai adalah nama makanan tersebut. Umai merupakan hidangan praktis yang menghidangkan ikan mentah. Untuk membuat umai, ikan yang dipilih harus ikan yang segar. Tidak semua jenis ikan bisa dibuat umai. Biasanya penduduk Malaysia memilih ikan terubuk, parang, bawal putih, bawal hitam, atau udang.

Karena dihidangkan dalam keadaan mentah, maka dibutuhkan proses untuk menghilangkan bau amis ikan. Cara yang diambil untuk mengusir bau ikan biasanya dengan merendam ikan mentah dalam jus limau kasturi. Setelah direndam ikan langsung dibaluri bumbu yang terbuat dari campuran bawang merah, bawang putih, cabai, garam, dan bumbu penyedap. Umai yang sudah siap bisa dimakan bersama sambal tambahan.

15. Karipap
Karipap adalah makanan ringan khas Malaysia yang juga populer di Thailand dan Singapura. Apabila dilihat dengan seksama, karipap mempunyai penampakan yang sangat mirip dengan pastel. Dari segi tampilan boleh sama, tapi untuk isiannya berbeda. Jika pastel biasa diisi dengan bihum, irisan kentang, telur, dan wortel, berbeda dengan karipap yang biasanya diberi isian daging dan kentang.

Untuk memperkuat cita rasa dari karipap terkadang si pembuat menambahkan lada hitam ke dalamnya. Di Malaysia ada beberapa jenis karipap yang dibedakan berdasarkan isiannya, seperti karipap daging, karipap ayam, karipap ikan atau temosa, karipap sarden, karipap pusing, dan karipap mini. Makanan satu ini tak hanya dikenal dengan nama karipap, tetapi juga epok-epok, terutama di daerah Johor.

16. Nasi Kerabu
Nasi kerabu merupakan ikon kuliner khas Negeri Jiran yang selalu diburu oleh para wisatawan yang hendak berlibur ke sana. Hidangan satu ini terbilang unik. Pasalnya, nasi yang dihidangkan mempunyai warna asal kebiruan sehingga membuat banyak orang penasaran dengan rasanya. Warna biru tersebut bukan karena nasi sudah basi atau jamuran, tetapi dihasilkan oleh penggunaan kelopak bunga saat proses memasak.

Nasi kerabu biasanya menjadi santapan utama bersama lauk pendamping seperti ikan kering, ayam goreng, telur asin, kerupuk, ayam bakar, dan berbagai jenis sayuran. Nasi kerabu saat ini sudah tidak banyak yang menghidangkan nasi berwarna biru karena sulit menemukan pewarna alaminya sehingga nasinya diganti dengan nasi putih biasa, nasi kuning, atau nasi hitam.

17. Nasi Lemak
Selama ini banyak yang mengira kalau nasi lemak adalah makanan khas Batam. Jika kita melipir ke Malaysia, kita akan mendapati sajian serupa dengan nama yang serupa pula. Nasi lemak sebenarnya bukan makanan khas daerah, melainkan makanan yang berasal dari etnis Melayu yang kini telah tersebar ke sejumlah negara di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Oleh karena itu nasi lemak juga dikenal sebagai makanan khas Malaysia.

Sama dengan nasi lemak di Batam, nasi lemak asli Malaysia juga merujuk pada nasi yang dimasak bersama santan kelapa dan daun pandan sehingga menghasilkan tekstur basah berminyak pada nasi disertai aroma gurih yang menyeruak. Orang Malaysia biasa menyantap nasi lemak untuk sarapan pagi. Nasi lemak bisa dihidangkan bersama telur, irisan timun, kacang panjang, kacang tanah, tahu, tempe, petai, ikan, kerang, udang, cumi-cumi, sotong, ayam, atau daging sapi.

18. Nasi Kandar
Selain nasi kerabu dan nasi lemak yang menjadi ikon kuliner terkenal dari Malaysia, ada lagi nasi kandar yang tak boleh dilewatkan. Nasi kandar adalah hidangan nasi yang berasal dari pulau Pinang. Dari cara penyajiannya terdapat kesamaan antara nasi kandar dengan nasi lemak, nasi kerabu, atau sajian nasi pada umumnya. Nasi biasa disajikan bersama daging ayam, udang, dan kerupuk emping.

Sementara untuk perbedaan yang terdapat pada makanan khas Malaysia ini terletak pada bumbu kari yang ditambahkan. Penggunaan kari pada hidangan ini merupakan pengenalan asal makanan ini yang dahulu dibuat pertama kali oleh para pedagang Malaysia keturunan India atau Tamil. Dengan terdapatnya berbagai jenis masakan kari yang disertakan pada nasi, rasa hidangan ini menjadi lebih berkarakter.

19. Nasi Daun Pisang
Apa kamu pernah makan nasi kucing, baik di daerah asalnya, Yogyakarta, ataupun bukan? Nah, nasi daun pisang ini pada dasarnya mirip dengan nasi kucing di mana terdapat penggunaan daun pisang untuk membungkus nasi. Nasi daun pisang sejatinya berasal dari negeri Tamil Nadu, Kerala, Karnataka, dan Andhra Pradesh di India. Hidangan istimewa asal India, terutama India Selatan ini dibawa masuk oleh para pedangang keturunan India yang tinggal di Malaysia.

Penyajian nasi daun pisang terbilang mudah. Mula-mula bagian halus daun pisang dibentangkan. Setelah itu nasi diciduk dan diletakkan di atas alas daun pisang yang kemudian dilanjut dengan pemberian berbagai jenis sayuran. Ketika sayuran dirasa cukup, proses berikutnya adalah pemberian bumbu kari agar cita rasa masakan khas India-nya tidak menghilang. Saat nasi, lauk, dan bumbu kari telah menyatu di atas daun pisang, maka nasi daun pisang bisa langsung dihidangkan.

Itulah makanan khas Malaysia yang menjadi sajian paling diminati oleh penduduk lokal, domestik, hingga mancanegara. Jika berkunjung ke Malaysia, jangan sampai melewatkan semua makanan yang tercantum dalam daftar. Keanekaragaman etnis dan ras yang terdapat di Malaysia menjadi buah penasaran tersendi bagi siapa saja, terutama para pelancong yang menjadikan Malaysia sebagai destinasi wisata untuk menghabiskan momen libur bersama keluarga.