Pahami Tips Trading Terbaik untuk Pemula

Pahami Tips Trading Terbaik untuk Pemula – Saat ini sudah semakin banyak orang yang melakukan investasi ataupun trading untuk bisa mendapatkan keuntungan yang besar di masa yang akan datang nantinya,

Trading saham adalah transaksi jual beli surat kepemilikan atas perusahaan maupun perseroan terbatas dalam jangka pendek. Umumnya, jangka pendek yang dimaksud dapat dilihat dari harga pasar setiap harinya.

Trading saham sebenarnya sama populernya dan menguntungkannya dengan investasi saham. Namun kegiatan trading saham lebih banyak memakan waktu dalam menjalankannya.

Pahami Tips Trading Terbaik untuk Pemula

Hal ini tidak lepas dari pengaruh Covid-19 yang menumbuhkan minat investasi masyarakat, baik untuk mengamankan maupun menambah aset.
Selain menjadi investor, tidak sedikit pula masyarakat yang menjadi trader. Meskipun rentang waktu winwithruss untungnya lebih singkat, menjadi trader tidak semudah yang dibayangkan. Terdapat beberapa tantangan yang kerap kali muncul di depan mata, diantaranya :

1. Keterbatasan modal
Seseorang memilih menjadi trader bukan investor tentu karena keterbatasan modal. Akibatnya, peluang untuk membeli saham menjadi kecil.

Ketika harga suatu saham turun dan modal tidak ada, trader secara tidak langsung telah membuang kesempatan untuk memperoleh keuntungan.
Keterbatasan modal membuat return investasi kurang maksimal. Aktivitas trading diharapkan dapat menambah modal secara perlahan, dimana keuntungan kecil dikelola sedemikian rupa hingga mencapai jumlah modal yang diharapkan.

2. Kurang percaya diri
Seorang trader mempunyai rasa percaya diri yang rendah, sehingga keputusan untuk menjual atau membeli saham sering kali didasarkan atas analisa orang lain.
Akibatnya, perputaran modal menjadi lama atau sialnya malah rugi.
Diperlukan pendalaman lagi untuk menumbuhkan rasa percaya diri tersebut agar tidak gampang terbawa arus.

Belajar análisis fundamental, teknikal, dan laporan keuangan suatu emiten sebelum akhirnya mengambil keputusan.

3. Cenderung tamak
Tidak hanya trader, ketamakan dalam investasi saham juga terjadi pada beberapa investor. Disebut tamak karena tidak mau menjual saham meskipun sudah memperoleh untung yang lumayan.
Dengan alasan kalau persentase untungnya belum sesuai yang diinginkan atau adanya asumsi kalau harga akan semakin naik.
Hingga kenyataan berkata sebaliknya, dimana harga saham turun drastis. Alih-alih ingin untung, malah rugi karena tamak dalam bermain.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk kamu yang masih baru dalam dunia trading:

1. Paham tentang saham
Tips pertama adalah pahami dulu tentang cara kerja saham. Kapan jam perdagangan dibuka, istirahat, dan tutup.
Setelah itu, pelajari tentang analisa saham, hal-hal yang mempengaruhi pergerakan harga, dan kapan harus beli.
Jangan karena semangat, malah jadi boncos. Sayang uangnya, apalagi jika modalnya diambil dari tabungan pribadi, bukan dana yang dikhususkan untuk investasi.

Selain itu, ubah juga mindset tentang uang. Meskipun memperoleh uang di saham termasuk mudah, tapi coba jangan bersikap greedy agar uangnya tidak mudah hilang.

2. Buat rencana trading
Kapan harus masuk dan keluar, hal ini bisa diketahui dari trading plan yang sudah dibuatkan sebelum transaksi dimulai.
Trader harus mempunyai perencanaan yang matang dan menaati rencana tersebut, sehingga hasilnya sesuai yang diharapkan.
Aturlah time trading yang pas, tentukan persentase kerugian dan keuntungan maksimal. Ketika momen tersebut tiba, seorang trader tahu apa yang harus dilakukan.